Kamis, 03 Oktober 2013

Makna Motif Batik

Halo Crafter kali ini Mr.Craft ingin menshare beberapa makna motif batik di Nusantara yang kaya kebudayaan ini. Banyak sekali motif batik yang ada di Nusantara kita ini, tapi tahukah kamu arti motif batik yang di buat oleh leluhur kita,lalu apa sih maksud-maksud tersembunyi dibalik motifnya yang indah.
Terakhir pada saat main di Jogja Mr.Craft lagi asyik minum kopi JOS lesehan dengan alas tikar beberapa saat datanglah beberapa lelaki bertubuh tinggi dan putih,kelihatannya mereka memang orang luar dari Indoesia, mereka orang Eropa. Mereka ikut duduk di tikar yang sama dan terjadilah percakapan perkenalan mulai nama asal dan lainnya. Namun Mr.Craft terperanjat menyadari bahwa si Bule ini memakai Batik dengan motif Barang Parang. Lalu saya merespon batiknya dan menanyakan tahukan kamu apa motif batik yang anda kenakan,karena mereka juga sangat antusias dengan kebudayaan kita lalu saya jelaskan makna dari motif parang yang dipakainya.
Baiklah saya akan menshare beberapa motif batik yang pertama motif parang.

1.

Motif parang mungkin yang ada difikiran kita adalah parang benda tajam yang digunakan untuk memotong alat perang tapi anehnya tidak sama seperti motifnya heheh,tapi buang fikiran itu jauh-jauh karena yang dimaksud dengan parang disini adalah kata Parang berasal dari kata "pereng" atau lereng gunung. Perengan ini menggambarkan kemiringan secara diagonal pada dasarnya motifnya sederhana ini berupa lilitan leter S yang menjalin dengan kemiringan 45 derajat. Nah ini yang penting, Makna dr kemiringan motif parang adalah "Tantangan" sedangkan Makna huruf S-nya adalah Ombak melambangkan "SEMANGAT YANG TIDAK PERNAH PADAM".Kamu punya motif ini Crafter?kalo punya inilah yang dimaksud leluhur kita dengan motifnya.

2.
Yang berikutnya adalah motif kawung, motif batik kawung berpola bulatan mirip buah kawung yang ditata rapi secara geometris.Motif ini melambangkan harapan manusia agar selalu ingat akan asal usulnya.
3.
Motif Sidomukti adalah motif ukel seperti koma pada perkembangannya banyak model lagi tapi inti dari sidomukti adalah pada ukelnya.
Makna dari batik sidomukti ini adalah agar pemakainya selalu makmur atau sejahtera seperti eyang subur kali ya heheh.. Tapi mungkin ini  merupakan do'a leluhur kita bagi yang telah memakai dan melestarikan karya mereka agar senantiasa diberi kemakmuran dan kesejahteraan.
4.
  
Yang terakhir adalah motif asal Cirebon yaitu motif Mega Mendung,gambarnya adalah gambar awan yang mendung biasanya warna yang dipakai adalah warna yang cerah-cerah dan lebih aneh lagi.
Makna dari motif Mega Mendung adalah melambangkan kehidupan manusia secara utuh sehinga bentuknya harus menyatu.
Oke mudah-mudahan share ini membawa manfaat bagi anda tentang makna batik leluhur kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar