Rabu, 02 Oktober 2013

Cara membedakan Batik Tulis, Batik Cap dan Batik Print

Mau belanja Batik Tulis, Batik Cap Print?? Kalau ada yg mau belanja batik mesti perhatiin tips2 MrCraft kali ini nih,Apa itu??? yuk simak Wejangan MrCraft  baik-baik yah hehe..
Pernah gak tanya-tanya harga batik di mal/pameran Craft dan kaget setelah mengetahui harga batik sampai ratusan bahkan jutaan?
Setelah diberi penjelasaan penjual bahwa ini yang dimaksud adalah Batik Tulis, ini Batik Cap,ini batik print dgn bahan ini itu dll

Nah setelah diberi penjelasan,akhirnya kita tetap saja ingin tahu lebih lanjut memang apa sih perbedaan batik tulis,cap n print.

Yups membedakan batik tulis,cap,print sepintas memang hampir mirip,pernah temen saya yang ingin memulai usahanya pun sempat kena tipu pedagang batik grosir di tanah abang,dia membeli partai besar karena penjelasan si penjual grosir yang dijual adalah batik tulis alhasil batik itu tetap kejual sih tapi betapa kecewanya bagi pembeli karena telah ditipu oleh pedagang grosir. Oke kita ke permasalahannya, Batik itu pengerjaannya dibagi menjadi bagi 3 bagiam ; Batik Tulis, Batik Cap, Batik Print
1.Batik Tulis

Ciri2 :
1.1 Motif  Batik tidak terlalu rapih karena dikerjakan dengan manual atau dengan tangan untuk menorehkan Malam menggunakan Canting. Malam yang dimaksud disini adalah Lilin.
1.2 Bagian pada kain, Motif dan warna batik tulis antara kain bagaian depan dan belakang terlihat jelas atau sama sedangkan pada batik print tidak.

1.3 Batik tulis memiliki wangi yang khas yaitu wangi lilin karena prosesnya pun memakai malam(lilin).Bahan yang digunakan katun,kain mori dan sutra.

1.4 Harga batik tulis relatif mahal karena untuk pengerjaan selembar kain batik bisa memakan waktu lebih dari 1 bulan.ckck lama juga kan?kalau anda berkunjung ke  pengrajin Batik mungkin perasaan anda akan seperti saya,untuk satu lembar kain itu tidak pantas di hargai ratusan ribu mungkin seharusnya lebih mahal lagi,karena prosesnya sangat rumit lho.
1.5 Harga batik tulis pun sangat mencengankan dari ratusan ribu hingga puluhan juta.bahkan bisa seharga motor ninja :D. Selanjutnya kita bahas ciri-ciri batik Cap.




2.Batik cap


2.1motifnya Corak besar2 n teratur (sama).Warnanya cenderung terang dan cerah (bukan warna-warna alam).

2.2 Pada bagian kain Warna bagian depan kain terlihat jelas, sedangkan bagian belakang kain terlihat agak buram

2.3 Kain yang digunakan cenderung kaku meskipun terkadang batik cap juga menggunakan kain sutra dan kain katun mori.

2.4 Harganya tidak terlalu mahal melebihi batik tulis bisa dikatakan tengah2 antara tulis n print.



3.Batik Print

3.1 Motif batik print ciri-ciri umumnya mencontoh desain batik yang sudah ada,dari batik tradisional hingga batik modern.

3.2 Warna batik printing kebanyakan tidak tembus karena proses pewarnaanya satu sisi saja yaitu bagian depan kain.

3.3 Menggunakan berbagai macam kain namun jarang menggunakan kain sutra atau kain mori.dan Harganya cenderung murah




Bagaiamana sekarang sudah bisa menentukan batik Cap, Batik Print dan Batik Tulis bukan? secara garis besar pointnya adalah Dilihat,Diraba,Dicium dan di tanya harganya juga ya heheh..
Itulah tips membedakan batik.Jagan sampai kamu beli batik mahal tp kamu sendiri gak tau batik apa apalagi sampai ketipu.


Oke teman-teman Crafter sampai ketemu lagi di tips berikutnya

1 komentar: